Mencoba Hal Baru (Pengalaman Saya)

Mencoba hal baru kayaknya salah satu saran dan nasihat favorit yang suka kita dapat juga. Konon katanya, suka mencoba hal baru itu salah satu ciri orang kreatif.

Kalau dilihat sepintas kilas, kadang suka bertabrakan ya nasihat ini. Satu pihak senang sekali bilang Ayo coba hal baru, biar lebih terbuka, lebih mikir, lebih banyak jalan rezeki. Tapi ada juga yang bilang, Jangan terus mencoba hal baru, fokus pada satu hal saja, istiqomah.

Saya bilang sekilas, karena seringnya kita dapetin dua nasihat di atas dalam konteks yang berbeda. Beda kondisi, beda tujuan. Kalau di sandingkan kayak di atas ya keliatannya bertabrakan.

Kapan Kita Mencoba Hal Baru?

Saya tidak tahu. Saya pikir sih kapan aja kita mau ya langsung coba aja.

Jawaban ini cuma pendapat saya doangan, dan terpengaruh oleh kondisi saya sendiri. Saya cenderung monoton, ngga begitu suka mencoba hal yang baru.

Kecuali mencoba hal baru dengan pasangan. Ini mah semangat banget, langsung okeee :p

jomblo minggir dulu
jomblo minggir dulu :p

Saya pikir saat kita membangun karir, membangun usaha, mencari rezeki, yang gitu-gitu deh, bagusnya ngga terus-terusan mencoba hal baru. Ngga terus gonta-ganti. Bagusnya fokus dulu ke satu hal sampai mengerti, sampai berhasil, sampai mendapatkan tujuan yang di inginkan.

Yah kecuali kalau ditengah jalan kita merasa tidak cocok. Boleh lah ganti haluan dan coba hal lain.

Kalau konteksnya seputar hobby, pola hidup, makan, liburan, s*ks life, dan sejenisnya, ngga masalah kayaknya mau coba hal baru terus-terusan juga.

Takut Mencoba Hal Baru

Merasa takut mencoba hal baru saya pikir wajar aja sih. Ngga semua orang suka hal berbeda. Ngga semua orang suka banyak perubahan.

Belum lagi takut dengan hasilnya. Takut kalau ternyata hasil mencoba hal baru itu ternyata jelek, ngga sesuai, bikin bete, mengeluarkan kita dari zona nyaman.

Saya salah satu orang yang takut mencoba hal baru. Saya cenderung ngelakuin hal-hal yang terbiasa dilakuin aja.

Contohnya ini; Saya suka touring motoran, tapi selalu sendirian. Ngga pernah ikut club motor atau touring rame-rame rombongan. Saya takut kalau gaya bermotor saya ngga cocok dengan orang lain. Malah bikin kagok mereka ntar, atau malah bikin saya ngga nyaman.

Padahal kalau dipikir logika, lebih untung touring rame-rame ya? Ada banyak kawan , ngga takut dijalan, belum lagi nambah relasi. Siapa tahu dari relasi baru jadi jalan rejeki lain.

Sampai sekarang masih belum mau merubah kebiasaan touring sendiri ini.

Kadang-kadang saya memaksakan diri juga sih mencoba hal yang berbeda. Misalnya saja panjat dinding. Dulu mah boro-boro mau, ga kepikiran buat apaan. Takut yang ada mah.

Tapi setelah memaksakan diri nyobain mah ternyata asyik juga. Sensasi mencari cara naik,menggantung di ketinggian, belum lagi kehabisan tenaga di tengah-tengah. Semuanya terbayar saat bisa naik sampai ke target tujuan.

Tapi tetep aja saya berhenti.. hahah.. Rasa takut ketinggian saya ngga pernah hilang.

Manfaat Mencoba Hal Baru

Kalau hasil googling, manfaat mencoba hal baru itu banyak sekali. Saya ngga tahu bener atau tidaknya mah.

Cuma yang saya rasain mah ini aja sih:

1. Jadi Tahu Kelebihan dan Kekurangan Diri

Dari memaksakan diri mencoba banyak hal berbeda saya jadi tahu, apa kelebihan saya pribadi.

Mungkin bukan kelebihan saya sih, lebih ke hal yang bisa saya lakuin aja. Soalnya, hal yang saya anggap kelebihan diri pribadi, bisa dilakuin oleh banyak orang lain dengan hasil yang jauh lebih baik..haha.

Saya juga jadi tahu apa kekurangan saya pribadi. Misalnya saja soal berhitung (matematik, fisika, kimia, etc). Setiap menghadapi soal berhitung selain hal basic (tambah, kali, bagi), otak langsung spaneng. Ngga ngerti harus digimanain.

Banyak keputusan hidup yang saya bikin berdasarkan pengalaman ini. Misalnya saja memilih masuk jurusan IPS saat SMU. Saya tahu saya ngga kuat berhitung, saat masuk IPS dan fokus di sana, progres yang saya rasain kerasa banget.

2. Mengenal Hal Yang Lebih Menguntungkan

Ini lebih ke pekerjaan saya sih, ngeblog. Saat saya mencoba banyak topik blog baru, mencoba banyak angle/sudut pandang baru dalam membuat artikel, jadinya tahu topik yang menguntungkan untuk saya. Intinya mah, bisa memberikan hasil uang yang lebih besar.

Saya awalnya hanya fokus di satu topik saja. Terus aja di topik tersebut. Sampai akhirnya memberanikan diri untuk membuat banyak blog topik lain. Dari hasil coba-coba ini jadi menemukan topik apa yang hasilnya lebih besar, lebih mudah dibuat, dan lebih cocok untuk saya garap.

Mungkin ini bisa rekan-rekan coba juga. Misalnya saja punya usaha offline. Mungkin bisa coba cara pemasaran baru, mencari calon pembeli lain dengan sarana yang beda. Misalnya saja di facebook,  toko online, marketplace, gojek, grab, dll.

3. Lebih Berani

Ini relatif kayaknya. Kalau yang saya rasain, setelah mencoba beberapa hal baru jadi lebih berani aja sih. Berani untuk melakukan hal itu aja tapinya, kalau hal baru lainnya mah tetep aja rada gimana gitu.

Misalnya saja dulu saya ngga berani pergi ke Mall gede sendirian, takut nyasar. Setelah mencoba pergi sendirian, akhirnya sekarang berani juga. Kalau nyasar di mall mah tetep aja sih.

Saya takut naik pesawat. Ngga napak di tanah, rasanya gimana gitu. Setelah terpaksa dan maksain, akhirnya berani juga. Sekarang jadi bisa pergi jauh tanpa waktu lama lagi..karena udah ngga begitu takut lagi.

Saya cuma tuliskan hal-hal remeh aja, secara itu yang saya rasain sih. Kalau nulisin hal lain semacam bisa membuat hidup ngga monoton, tidak bosan, dll, ngga ngerti saya. Secara ngga merasakan langsung hal-hal itu.

Cara Mencoba Hal Baru

Gimana cara mencoba hal baru? Saya ngga ngerti cara yang benernya gimana. Kalau emang ada cara benar dalam mencoba hal baru itu juga. Emang ada ya?

Kalau saya sendiri mah ya langsung aja sih. Kalau penasaran dengan hal yang berbeda, ya saya cobain. Kalau ngga ya ngga maksain juga. Simpel aja sih. Bodo amat disebut monoton juga.. wkwkk

Tapi, ada beberapa hal yang saya hindari:

  • Mencoba pekerjaan baru, saat pekerjaan yang sekarang belum saya kuasai dan belum membuahkan hasil. Dalam pekerjaan saya banyak sekali godaannya. Sering kali rumput tetangga terlihat lebih hijau. Padahal belum tentu rumput beneran, bisa jadi rumput sintetis.
  • Tidak mencoba hal baru yang berdampak besar ke kehidupan saya. Ini lebih karena pada dasarnya saya penakut aja mungkin ya.
  • dll. Bingung apa lagi.

Kira-kira begitulah. Ini cuma sekedar curhatan saya doangan


Leave a Comment