Cara menikmati Espresso untuk pemula

Cara menikmati Espresso berbeda dengan kopi lainnya. Jika anda masih pemula, perlu di ingat kalau penyajian kopi ala Italia ini memiliki rasa yang khas dan lebih kuat.

Ada beberapa tips cara minum Espresso untuk pemula yang bisa anda ikuti :

cara menikmati espresso

1. Gunakan cangkir Espresso khusus

Penyajian kopi espresso menggunakan cangkir khusus untuk meminum kopi Espresso. Biasanya berupa cangkir keramik berwarna putih, atau gelas cup kecil.

2. Hangatkan cangkir Espresso

Hangatkan cangkir Espresso anda dengan cara menyiramnya menggunakan air panas. Cangkir yang hangat akan membuat rasa kopi Espresso anda lebih nikmat.

3. Minum Air Putih

Minum air putih terlebih dulu sebelum meminum Espresso. Tujuannya agar rasa dari kopi yang anda minum lebih keluar, lebih bisa dinikmati.

Biasanya saat anda pesan Espresso dari Barista di Kedai Kopi, akan disertai segelas air putih. Anda bisa mimum sebelum mulai menikmati Espresso. Bisa juga minum di sela-sela menikmati kopi.

Ini cukup membantu meringankan rasa, terutama jika anda masih pemula.

4. Bersihkan Crema dari Kopi espresso

Bersihkan Crema dari kopi Espresso dengan menggunakan sendok kecil. Rasa dari Crema tidak terlalu enak, jadi ada baiknya tidak anda minum. Alternatifnya, bisa anda aduk terlebih dulu.

Crema adalah buih berwarna kuning tua yang yang muncul pada permukaan kopi Espresso. Crema yang kuat, jelas, dengan warna yang memikat menandakan kopi Espresso yang bagus. Tapi secara rasa, tidak terlalu enak.

Nah, hal ini tergantung pribadi masing-masing tentunya ya. Jika anda suka, ga masalah. Nikmati saja, tidak perlu mempertimbangkan ini dan itu.

5. Aduk espresso terlebih dulu

Aduk kopi Espresso menggunakan sendok kecil terlebih dulu, sebelum di minum. Bagian paling kental dari kopi Espresso mengendap di dasar cangkir kopi anda. Agar lebih nikmat dan seragam rasanya, silahkan aduk terlebih dulu dengan sendok kecil.

6. Minum sedikit demi sedikit

Minum kopi Espresso anda perlahan, sedikit demi sedikit. Nikmati setiap sesapan dari cangkir kopi anda.

Rasa Espresso cenderung lebih kuat dibanding cara penyajian kopi lainnya. Jika langsung minum dengan tegukan besar, kemungkinan anda akan kaget. Terutama jika anda masih pemula.

7. Habiskan espresso anda dengan cepat

Habiskan kopi Espresso anda dengan cepat, jangan berlama-lama. Semakin lama, rasa dari Espresso semakin berubah.

Jadi anda nikmati sedikit demi sedikit, tapi jangan jeda lama di antara sesapan kopi anda.

Pada umumnya, cara menikmati Espresso disarankan seperti langkah-langkah di atas. Tapi, tentunya tergantung pada pilihan anda sendiri.

Jika anda merasa lebih nikmat dengan cara minum lain, ga usah dipikirin. Nikmati saja. Tujuan utama dari minum kopi adalah ini; Anda enjoy, dan bisa menikmatinya.

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering muncul:

Apakah espresso pahit?

Rasa Espresso lebih pahit dibanding penyajian kopi lain. Lebih tepatnya sih, rasa kopi Espresso lebih kuat. Biji kopi yang digunakan bisa memberikan rasa yang berbeda. Kopi Espresso yang dihasilkan bisa lebih terasa manisnya, ada rasa dan aroma fruity, atau lainnya.

Silahkan eksplorasi saja. Anda akan temukan berbagai rasa yang berbeda.

Bagaimana rasa kopi espresso?

Rasa kopi espresso tergantung dari biji kopi yang digunakan. Bisa terasa pahit banget, lebih ringan, cenderung manis, ada rasa fruity tertentu, dan lain sebagainya.

Setiap barista di coffee shop akan lebih tahu tentang espresso yang disajikan. Jadi anda bisa bertanya terlebih dulu.

Apakah espresso ditambah air?

Kopi espresso yang ditambah air disebut dengan istilah Americano. Anda bisa tambahkan air panas jika merasa espresso terlalu kuat.

Apa itu Single Shot kopi?

Shot adalah istilah yang digunakan untuk takaran penyajian espresso. Single shot adalah satuan takaran espresso sebesar 25-30 ml untuk satu cangkir penyajian.

Apa itu Doppio?

Doppio adalah istilah untuk takaran double shot kopi espresso dengan jumlah penyajian 60 ml.

Bisakah espresso ditambah Susu?

Kopi espresso ditambah dengan susu disebut dengan istilah Macchiato. Anda bisa menambahkan susu jika memang suka dan cocok dengan rasanya.

Bisakah espresso ditambah Gula?

Anda bisa menambahkan gula jika suka kopi manis. Idealnya sih, kopi dinikmati tanpa Gula. Tapi pada akhirnya kembali pada selera anda masing-masing.

Bagaimana cara membuat espresso?

Kopi espresso dibuat dengan menggunakan mesin espresso khusus, bisa mesin pembuat kopi otomatis ataupun manual seperti Rokpresso.

Berapa gram kopi untuk 1 shot espresso?

Takaran bubuk kopi untuk satu shot espresso adalah sebanyak 12-18 gram. Banyaknya bubuk kopi yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera.

Berapa lama membuat espresso?

Waktu yang diperlukan untuk membuat satu shot espresso adalah 25 sampai 30 detik.

Apakah kafein dalam espresso lebih banyak?

Kandungan kafein dalam espresso sama saja dengan cara menyeduh kopi lain yang menggunakan jumlah biji kopi yang sama. Perbedaannya ada di rasa dan bentuk yang dihasilkan.

Tinggalkan komentar