Cara menikmati Kopi untuk Pemula

Rasa kopi memang pahit, tapi bisa dinikmati. Bahkan rasanya nikmat banget kalau sudah terbiasa.

Sebagian orang mungkin heran, apa enaknya coba minuman yang rasanya pahit. Saya juga dulu seperti itu. Sekarang, saya menikmati sekali minum kopi pahit.

Kok bisa? Ga ngerti juga.. wkwk.

Bisa aja sih saya tulis hal filosofis, semacam; Kopi itu ibarat cinta, kadang pahit tapi nikmat. Tapi rasanya buat apa coba. Toh saya dulu ngga mikir seperti itu.

kopi untuk beginner
kopi untuk beginner

Alasan saya dulu berpindah dari kopi manis ke kopi pahit cuma ini aja sih. Saya ingin mengurangi kadar gula yang tiap hari masuk ke tubuh. Itu doangan.

Karena saya tiap hari minum kopi, maka saya pikir gula dalam kopi perlu dikurangi.

Lalu, bagaimana cara menikmati kopi untuk beginner atau pemula?

Mungkin langkah yang saya lakuin dulu bisa juga anda ikuti.

1. Jangan langsung minum kopi espresso

Rasa espresso kuat banget, pahit banget. Jika anda baru mencoba kopi, hindari dulu kopi espresso. Kopi luwak juga bisa anda hindari dulu jika belum terbiasa.

Tujuan kita kan ingin bisa menikmati kopi kan ya? Malah jadi kebalikannya kalau anda kapok ntar.

2. Minum kopi dengan campuran susu

Anda bisa coba kopi dengan campuran susu. Misalnya saja semacam Cappuccino, atau Café latte. Atau, kalau ga mau ribet mah coba kopi Vietnam drip aja.

Disini tujuannya untuk membiasakan dulu menikmati rasa kopi yang asli. Memang samar sih, tertutup oleh manisnya susu.

Ga masalah, yang penting mah kita menikmatinya aja kan? Ga perlu mikirin soal filosofi, kemurnian kopi, atau tetek bengek lainnya. Bagi saya, yang penting enak aja dulu.

3. Pilih kopi yang rasanya ringan

Selanjutnya, silahkan coba kopi yang di roasting light to medium. Kopi yang disangrai seperti ini, rasanya cenderung ringan. Rasanya ngga pahit dan pekat.

Mungkin, anda juga nanti mulai bisa merasakan beberapa rasa yang beda. Sedikit asam, sedikit aroma buah tertentu, atau lainnya. Tergantung dari jenis kopi yang dibuat.

Kalau belum terbiasa menyeduh sendiri, bisa minta ke barista di kedai kopi favorit anda saja. Ngobrol aja dan minta saran jenis kopi yang ringan dan cocok untuk pemula.

Saya juga seperti itu. Saya meminta saran ke barista, dan mereka pasti dengan senang hati menjelaskan dan memilih yang cocok untuk anda.

Serahkan pada ahlinya aja dulu.. wkwk

4. Minum selagi hangat

Kopi akan terasa lebih nikmat jika diminum saat masih hangat. Bagi saya pribadi, kopi paling terasa nikmatnya saat diminum beberapa menit setelah diseduh.

Saya tidak tahu idealnya menurut teori dalam suhu berapa. Tapi bagi saya pribadi, kopi terasa paling nikmat sekitar 2-3 menit setelah di seduh.

Ini tergantung selera saja sih. Bisa saja anda ntar lebih suka kopi yang sudah lebih dingin. Hal yang paling penting, anda menikmatinya aja. Bodo amat dengan segala teori ini dan itu.

5. Minum kopi sedikit demi sedikit

Coba minum kopi sedikit demi sedikit saja. Jangan langsung teguk banyak-banyak. Gunakan gelas atau cangkir kopi ukuran kecil saja dulu.

Minum kopi yang diseduh manual berbeda dengan kopi instan biasa. Apalagi jika anda masih pemula. Kenikmatan kopi manual brew akan lebih terasa saat dinikmati pelan-pelan.

Tapi, saya pikir ngga perlu juga di seruput sampai mengeluarkan suara srrrlurrrrrrp kenceng. Risih. Berlebihan saya pikir. Seringkali saat ngopi di kedai, ada yang minumnya seperti itu. Rasanya gimanaa gitu..wkwk

6. Minum di kedai kopi

Biasanya kedai kopi menyediakan kopi berbagai jenis, dari berbagai daerah. Anda bisa coba berbagai varian kopi di coffee shop atau cafe terdekat.

Selain itu, suasana kedai kopi akan terasa berbeda banget.

7. Pelajari cara menyeduh Kopi

Saat anda mulai bisa merasakan nikmatnya kopi hitam murni, mungkin bisa coba belajar juga cara menyeduh kopi sendiri.

Anda bisa pelajari teknik yang dirasa paling mudah. Misalnya saja teknik Pour Over, atau yang simpel saja, misalnya kopi tubruk.

Kalau perlu gabungkan dengan cara menyajikan yang unik, biar lebih semangat. Misalnya aja disajikan ala Kupi Khop, kopi terbalik khas Aceh.

8. Tidak minum terlalu banyak setiap hari

Usahakan tidak minum kopi terlalu banyak setiap hari. Ada kalanya penikmat kopi pemula tubuhnya kaget dengan tambahan kafein dalam kopi. Kadang muncul efek negatif seperti susah tidur.

Berapa gelas dalam sehari? Saya pikir sih satu-dua gelas sehari sudah cukup.

Hal-hal di atas adalah hal yang saya lakukan dulu saat mulai menikmati kopi untuk pemula. Bukan hal yang wajib, atau gimana. Cuma pengalaman saya saja.

Seiring waktu ntar, anda bisa bedakan rasa kopi yang dibuat dari biji kopi hitam yang digiling fresh, dengan kopi bubuk instan.

Oh iya, sebelumnya harus peringatkan ini juga sebelum ntar anda jadi coffee addict; Nambah anggaran.. wkwk

Jadi penasaran pengen nyobain berbagai varian kopi. Jadi gatal pengen beli peralatan manual brew dirumah. Kadang malah jadi kolektor.

Yah intinya mah, apapun cara dan langkahnya, yang penting anda, saya, kita bisa menikmati aja. Itu saja.

Tinggalkan komentar